Selasa, 16 Agustus 2016

Bekal untuk Perempuan

Selamat hari Selasa semuanya! Hueee ini tumben tumbennya saya agak rajin posting. Ini postingan aja selang waktu 2 hari dengan postingan sebelumnya wkwkwkwk. Oke beri sedikit saya waktu buat applause kepada diri sendiri hihi.

*Prok prok prok*

Ehem. Lanjut.

Jadi ceritanya semalem tiba tiba kepikiran random. Gak tau kenapa kok kepikiran tentang perempuan, tentang diri saya sendiri. Huhehehe. Enggak ding.

Saya tetiba mikir, di umur 21 tahun ini saya udah punya bekal apa aja. Terutama bekal tentang menjadi perempuan. Huahua random sekali bukan .---. *sigh*

Akhirnya, isenglah saya bikin list atau bikin sebuah bekal untuk perempuan. Apa saja yang harus dimiliki, dan juga skill yang harus dikuasai (nggak harus pro sih, setidaknya bisa dikit dikit lah mihihi).

Oh iya, ini berdasarkan analisa saya, pengamatan, pengalaman, dan stalking stalking ke beberapa sumber lho yaaa. Kalo mau nambahi, silahkan hihi. Saya sendiri juga masih banyak belajar kok. Ini sekaligus jadi catatan pribadi saya sendiri huehehehe :D

Hmm, kira kira apa aja sih? Yuk yuk kita bahas satu persatu yaa!



1. Ilmu agama, prinsip, dan karakter.

Seorang perempuan, menurut saya harus memiliki tiga pilar ini. Karena apa? karena perempuan adalah madrasah pertama bagi anak anaknya kelak *eaaa*. Ilmu agama, sebagai dasar ataupun pedoman hidup. Azeek bahasanyaa~

Kalau dalam Islam sendiri, setidaknya perempuan harus bisa membaca Al Quran. Belajar tentang tajwid, tentang fiqih (hukum tentang puasa, tentang haid, tentang hak dan kewajiban seorang perempuan). Ini menurut saya wajib tahu sih bagi perempuan huehehe. Beli aja di toko buku tentang ilmu ini. Banyak kok buku bukunya. Dan bahasanya mudah dipahami :D

Selain ilmu agama, bagi saya wajib bagi seorang perempuan memiliki prinsip dan karakter. Biar apa? Biar nggak terombang ambing, biar nggak gampang dipengaruhi oleh orang lain. Biar tegas pada diri sendiri dan memberi batasan pada diri. Hihi.

2. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Seorang perempuan harus dibekali dengan kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti setrika, mencuci baju, mencuci piring, menyapu, beberes rumah dan juga memasak.

Ya walaupun ada pembantu di rumah, tapi kan nggak selamanya harus bergantung pada pembantu kan? Apalagi buat anak kos, yang dituntut harus melakukan semuanya sendiri. Hayoloh ~~~

Untuk memasak sendiri, setidaknya bisa masak nasi deh. Atau menggoreng tahu, telur, tempe. Terus belajar numis dikit dikit. Dan yang paling penting jangan lupa belajar buat ngehafalin bumbu dapur huehehe.


3. Make Up

Make up, make up, dan make up.

Mungkin sebagian perempuan berpikir,

"ih kenapa sih harus pake make up segala?"

Atau,

"Gue nggak suka dandan! Maunya yang simpel simpel ajah!"

Well, semua perempuan pada dasarnya butuh make up sih. Even itu cuman bedak sama lip balm doang.

Perempuan sendiri bagi saya harus bisa merawat diri. Bermake up sesuai kebutuhan. Gak usah terlalu menor. Minimal pake pelembab, bedak, pensil alis dan juga lipstick. Bagi yang nggak pede pake lipstick, bisa pilih warna yang natural atau biasa disebut nude.

Buat apa sih perempuan pake make up? 

Menurut saya sih, make up bisa bikin nambah percaya diri, sebagai bentuk apresiasi saya terhadap tubuh saya sendiri (eciyeeeee). Selain itu biar nggak keliatan pucet dan kucel wuehehehe. Tapi serius sih, saya kalo nggak pake gincu keliatan pucet kayak orang penyakitan -_- jadi ya begitulah mhihihi.


4. Hobby and Passion

Sebagai manusia, sungguh sangat wajar jika memiliki hobi. Bahkan tidur sekalipun. Muehehehe. Rasanya aneh, kalo nggak punya hobi samsek. Ye nggak?

Sebenernya, apa sih gunanya hobi?
Saya sendiri memandang hobi sebagai wadah untuk refreshing. Buat menyegarkan pikiran biar nggak suntuk mulu. Rasanya kalo udah ngelakuin hobi itu, bikin nambah semangat :D seperti contoh saya sendiri hobinya adalah crafting. Pokoknya, kalo udah suntuk langsung deh bikin prakarya. Suntuknya langsung hilang muehehehe.

Sedangkan passion adalah bakat yang dimiliki oleh setiap individu. Pencarian passion ini pun (kebanyakan orang) membutuhkan waktu yang cukup lama. Bisa berbulan bulan, bahkan bertahun lamanya.

Seperti perasaanku padanya yang terpendam bertahun tahun lamanya... *lah, curhat*

Cara menemukan passion adalah dengan lebih banyak bertanya pada diri sendiri, dengan pertanyaan:
• Keahlian apa yang kamu banggakan/pelajari lebih dalam?
• Kegiatan apa yang bisa membuatmu senang hingga lupa waktu?
• Hal apa yang bersedia kamu lakukan, meskipun kamu tidak mwndapatkan bayaran sama sekali?
• Saat stress, apa yang ada di pikiranmu pertama kali?
• Orang seperti apakah yang ingin kamu teladani?

Passion bagi saya sendiri merupakan salah satu hal yang berharga dalam hidup *eciyeeee alay* muehehehe. Karena passion lah yang membuat saya lebih 'hidup', lebih semangat dalam menjalani hidup ini. Aseek~
Karena itulah saya memasukkan hobi dan passion dalam bekal untuk perempuan ini. Syukur syukur jika pekerjaan yang dijalani
sesuai dengan passion yang dimiliki. Lebih semangat kaan? Hihi.


5. Ke-'cowok'-an

Kenapa ini dinamain ke-'cowok'-an? Saya sendiri juga bingung namanya apa huahaha xD jadi yang dimaksud ke-'cowok'-an disini adalah hal hal yang biasa dilakuin oleh para lelaki seperti nyetir, montir, angkat ini itu, beladiri, dsb.

Jadi, bekal selanjutnya yang (setidaknya) dimiliki oleh perempuan adalah ke-'cowok'-an ini! Minimal harus bisa ngecat, nyetir motor atau mobil, angkat galon (anak kos harus sanggup muahahah), beladiri, dan lain sebagainya. Ya nggak jago jago amat gak papa, tapi setidaknya bisa dikit. Biar nggak ngandelin laki laki mulu hihi. Buat beladiri ini gunanya buat jaga jaga kalo terjadi 'sesuatu' pada diri sendiri. Penting loh! Hehehe.


6. Management and Accounting
Selanjutnya, yang menjadi bekal seorang perempuan menurut saya adalah ilmu manajemen dan akuntansi. Belajar buat memanajemen waktu sama uang. Hehehe.

Gimana ya caranya?

Cara mudah buat manajemen waktu itu dengan cara menuliskan jadwal kegiatan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan, di buku agenda.

Gunanya buat apa?

Biar waktu nggak terbuang sia-sia. Biar jadi perempuan yang produktif. Eaaaa hihihi. Jangan lupa susun skala prioritas juga, kira kira memang mendesak atau tidak. Bisa ditunda atau tidak huehehe.

Ini berlaku juga dengan memanajemen uang. Catat semua pengeluaran dan pemasukan di buku, dan juga segala kebutuhan. Pilah pilah kembali, mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan sekdar keinginan belaka. Niscaya itu akan membuat hemat ~~/o/


7. Ilmu Gizi dan Ilmu Kesehatan

Hmmmm... beberapa ada yang mikir,

'buset masa semua perempuan harus tau caranya suntik? caranya operasi?'

ENGGAK GITU JUGAA -___- itu kan kalo yang ahli -__-

Maksudnya gini, setiap perempuan setidaknya harus tahu tentang obat obatan. Ya obat obatan buat penyakit yang cukup ringan dan masih bisa disembuhkan sendiri seperti panas, meriang, sakit batuk, flu, sakit perut, luka gores atau luka di hati *eh*.

Selain harus tau beberapa macam obat, perempuan setidaknya harus bisa mijet. Wkwk mijet ringan ringan gitu deh biar bisa mijet sendiri. (Biar bisa mijet suami juga *lah*)

Oh iya, ilmu gizi juga penting dipelajari loh! Biar tau mana makanan yang baik untuk kesehatan, mana makanan yang bikin gemuk atau bikin kurus ehehehehe (karena masalah berat badan adalah salah satu masalah krusial seorang perempuan wkwk).


8. Ilmu Parenting

Nah ini, pasti pada mikir,

'Gua masih jauh lah mikirin tentang kayak gini! Tentang anak? Tentang suami istri? Mikir tentang nikah? Apalagi! Gak ada pikiran! Masih jauh lah! Gua masih mau ngejar pendidikan dulu! Ngejar karir dulu!'

Lah, ilmu parenting disini juga penting loh. Nggak harus jadi orang tua dulu kalo belajar ilmu ini. Belajar yang simpel dulu, gimana caranya menghadapi atau 'momong' anak anak kecil. Kan ada tuh keluarga atau sodara yang tiba tiba nitipin anaknya gegara lagi ada acara. Nah disini, perempuan juga harus ada ilmunya biar anak kecilnya nggak pada rewel wkwk.

Yak, mungkin cukup sampai disini dulu postingan dari saya. Kalau ada kurang dan salah dalam tulisan mohon dimaafkan yaa. Namanya aja sudut pandang pribadi huehehe.

Kira kira apalagi ya? Monggo komentar di kolom komentar ya! ^^


Andhira A.Mudzalifa

Minggu, 14 Agustus 2016

Jadi Turis Sehari di Kota Sendiri

Happy Weekend, all! Semoga weekend kali ini menyenangkan yaaa hihihi.

Anyway, di hari Minggu ini saya merasa senang sekali. Soalnyaaa, saya (sok sokan) jadi turis sehari di kota sendiri, Kota Blitar, wkwkwkwk. Pumpung libur sekalian refreshing yekaan biar nggak sumpek mulu :p

Jangan tanya saya jadi turis nya sama siapa, soalnya saya........ sendirian.

Gak usah syok gitu, biasa aja kok. Sudah terbiasa sendiri kok..........

sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama aku asyik sendiri ~~~

Oke ehem lanjut

Semuanya bermula ketika saya ada job buat nganterin orderan ke PIPP. Buat yang nggak tau PIPP, PIPP adalah kepanjangan dari Pusat Informasi Pariwisata dan Pelataran Parkir Makam Bung Karno Blitar. Jadi PIPP ini merupakan tempat parkir kendaraan pariwisata Makam Bung Karno. Biasanya, yang parkir disini adalah bis bis. Terus nanti pas mau ke Makam Bung Karno (MBK) bisa naik becak, ojek maupun jalan kaki. Hehe

Abis nganterin barang itu tetiba galau, soalnya bingung mau ngapain. Dan pada akhirnya, muncullah ide buat (sok sokan)  jadi turis sehari di kota sendiri hihihi. Jadi saya berkunjung ke semua tempat pariwisata yang ada di Kota Blitar loh! Muahahaha seruu!

Tempat pertama yang saya tuju yaitu PIPP tadi (berhubung nganterin barang ke sini, sekalian keliling deh hehe). Oh iya, selain buat tempat parkir, di PIPP ada semacam gazebo gede gitu (atau selasar ya? Hehe). Biasanya di gazebo itu diadain pentas seni loh seperti wayang, jaranan, hadrah, daaan masih banyak lagi. Dan setiap tahunnya biasanya ngadain semacam bazar dan pasti rameee hihi.

Lanjut. Dari PIPP, saya langsung menuju ke tempat wisata yang udah tersohor dimana mana. Makam Bung Karno! Makam Bung Karno ini setiap hari selalu ramai loh! Apalagi kalo weekend kayak gini hihi.

Tapi sebelum saya mampir ke Makam Bung Karno, saya mampir ke Museum Bung Karno dulu, soalnya satu lokasi hehehe. Di museum ini, terdapat lukisan dan koleksi barang barang Bung Karno. Salah satu yang terkenal yaitu lukisan Bung Karno yang bisa berdegup sendiri! Nahloh hihihi.

Setelah asyik menikmati lukisan, saya langsung ke Makam Bung Karno. Sebelum masuk kesini, saya mengisi buku kunjungan dan disuruh memberi sumbangan seikhlasnya. Trus masuklah saya ke lokasi dan sesuai dengan dugaan saya. Bener bener penuuuh! Banyak wisatawan yang ziarah ke MBK (Makam Bung Karno), secara Pak Karno gitu loh! Presiden pertama RI hihi. Ditambah weekend pula huahaha lengkaplah sudah xD

Setelah berziarah, saya langsung ke destinasi wisata berikutnya. Tetapi sebelum keluar dari kompleks Makam, saya harus melewati lorong lorong yang ternyata itu adalah sebuah pasar oleh oleh. Ada sekitar 73 kios yang berada disini, semuanya menjual pernak pernik tentang Bung Karno dan juga kerajinan khas Kota Blitar seperti gantungan kunci, hiasan dan pajangan rumah, baju, lukisan, mainan anak tradisional daaan masih banyak lagi.

Setelah keluar dari pasar, saya langsung ke destinasi berikutnya, Perpustakaan Bung Karno. Perpustakaan ini juga masih satu lokasi dengan Museum Bung Karno. Huehehehe. Mengapa saya memilih ke MBK dahulu baru ke Perpustakaan Bung Karno?

Soalnya saya sambil baca sekalian, sodara sodara. Muahahah ehem. (Alibi neduh dari hujan wkwk)

Jadi, Perpustakaan Bung Karno ini diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada tahun 2004. Disini, banyak banget koleksi buku tentang Bung Karno dan juga koleksi buku umum seperti buku agama, filsafat, bahasa, politik, komunikasi, kesehatan, majalah, novel daaan koleksinya lumayan lengkap loh! Dulu waktu SMP sampe SMA saya sering banget pinjem buku disini terutama novel hihihi.

Perpustakaan ini buka setiap hari loh! Hari Senin sampai Jumat sampai pukul 17.00, kalo weekend cuman sampai jam 15.00 hehehe. Tempatnya asyik banget! Bikin betah hihihi biasanya saya disini sampe gak sadar kalo udah mau tutup xD

Next, saya lanjut ke taman rekreasi keluarga, Kebon Rojo. Setiap hari Minggu atau hari libur sekolah, taman ini dipadati oleh keluarga yang mengajak putra putrinya liburan. Jadi, berhubung hari ini hari Minggu, bisa ditebak. Rameeeee! Soalnya memang disetting buat rekreasi anak anak hueheheu.

Disini banyak permainan yang bisa dicoba seperti motor listrik, ayunan, outbond dan masih banyak lagi. Selain itu, ada hewan hewan bisa dilihat seperti burung, monyet dan juga rusa. Tempatnya rindang banget, banyak pohon pohonnya hihi. Biasanya, di tempat ini diadakan lomba lomba buat anak anak seperti lomba mewarna dan menggambar hehehe. Waktu kecil saya pernah ikut lomba mewarna disini loh hihihi xD

Yuk lanjuut!

Setelah ke Kebon Rojo, saya lanjut ke Istana Gebang yang lokasinya tidak jauh dari Kebon Rojo. Sedikit cerita, Istana Gebang ini adalah rumah dari orangtua Bung Karno. Disini, kita bisa melihat kamar yang ditempati Bung Karno loh huehehe karena rumah ini boleh dimasuki oleh wisatawan. Dan alhamdulillah, saya bertemu dengan Mbah Mardiono. Beliau adalah salah satu penjaga serta pemandu di Istana Gebang ini. Saya bertemu dengan beliau pertamakali di awal Februari tahun ini dan ternyata beliau adalah teman dari almarhumah Budhe saya huehehehe.

Selanjutnya, saya cuss ke Makam Aryo Blitar. Oh iya, waktu perjalanan ke Makam Aryo ini, saya melewati Kolam Renang Herlingga, yang merupakan salah satu kolam renang di Kota Blitar. Biasanya, anak sekolah kalo praktek renang pada kesini semua nih hahaha xD

Setelah menempuh perjalanan sekitar 15 menit, sampailah saya di Makam Aryo Blitar. Aryo Blitar merupakan pendiri Blitar loh hehehehe. Tapi sayangnya, waktu kesitu kok ya pas tutup jadi nggak bisa masuk deh huhuhu.

Abis dari Makam Aryo Blitar, saya melanjutkan perjalanan lagi ke Waterpark Sumber Udel. Tempat ini merupakan kolam renang yang paling eksis di Blitar, hihihi. Btw ini deket banget sama rumah sampe kadang musiknya kedengeran dari rumah padahal jaraknya 500m an -_- wkwk. Oh iya, saya disini nggak mampir sih, cuman lewat aja huehehe mau masuk tapi rugi sih kalo nggak renang sekalian wkwk. Dan seperti tempat wisata lainnya, tempat ini juga rame kalo waktu liburan. Bahkan kadang bikin macet soalnya banyak bis yang pada parkir di jalan situ huehehe.

Dan selanjutnyaaaaa, saya melancong ke 2 taman yang 2 tahun terakhir ini lagi ngehits di Blitar, Taman Sentul dan Blitar Green Park huhehehe. Tempat ini hampir berdekatan sih, mungkin berjarak sekitar 1.5 km an. Tempatnya asyik loh buat ngadain gathering maupun ngumpul komunitas hihihi. Dan kalo mau jogging dan nyari udara segar, 2 tempat ini recomended sekali ~~

Next trip, saya melanjutkan perjalanan ke Aloon Aloon Blitar. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat rekreasi buat keluarga, soalnya lumayan banyak permainannya hihi. Selain itu, Aloon Aloon Blitar juga biasa buat olahraga, tempat upacara, pagelaran acara kota, salat Idulfitri.. duh pokoknya serbaguna banget deh hihihi.

Dan tempat tujuan terakhir saya adalah Stadion Soeprijadi, yang notabene deket banget dari rumah tinggal ngesot doang wkwk jadi sekalian pulang ke rumah huahaha.

Stadion Soeprijadi ini dibuka untuk umum loh. Banyak anak muda, bahkan ibu ibu dan bapak bapak yang jogging disini. Kadang kalau ada pertandingan sepakbola, stadion ini rame binggo sampe sorak soraknya kedengeran dari rumah wkwk.

Yeay begitulah cerita saya hari ini. Panjang sekali ya hihihi. Bermula jadi kurir eh berujung jadi turis di kota sendiri huehehehe.

Oh iya, ini oleh oleh perjalanan saya tadi. Maaf kalo cuman dikit huehehehe. Kapan kapan saya ulas satu persatu tempatnya lebih lengkap dari ini deeh :p



PIPP Kota Blitar



Perpustakaan dan Museum Bung Karno. dan itu ada lukisan yang bisa degup degup sendiri hiii~~



Makam Bung Karno! 



Kebon Rojo nih. Tuh, rame banget kan yaaa~~




Istana Gebang a.k.a Ndalem Gebang, rumahnya Bung Karno




Taman Sentul. btw tempatnya enak loh kalo buat kumpul kumpul komunitas huehehe



Blitar Green Park



Aloon Aloon Blitar. Btw di sekitar Aloon Aloon sini banyak yang jualan es khas Blitar, Es Pleret. Rasanya? Yummy!



Stadion Soeprijadi yang tinggal ngesot dari rumah wkwk



Makam Aryo Blitar yang sayangnya tadi pas saya kesana tutup huhu



Waterpark Sumber Udel yuhuu~~



Kolam Renang Herlingga hihihi

Semoga bisa segera jadi turis di negeri orang deh hihihihi aamiin. See you again! Have a nice day! :)