Minggu, 14 Agustus 2016

Jadi Turis Sehari di Kota Sendiri

Happy Weekend, all! Semoga weekend kali ini menyenangkan yaaa hihihi.

Anyway, di hari Minggu ini saya merasa senang sekali. Soalnyaaa, saya (sok sokan) jadi turis sehari di kota sendiri, Kota Blitar, wkwkwkwk. Pumpung libur sekalian refreshing yekaan biar nggak sumpek mulu :p

Jangan tanya saya jadi turis nya sama siapa, soalnya saya........ sendirian.

Gak usah syok gitu, biasa aja kok. Sudah terbiasa sendiri kok..........

sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama aku asyik sendiri ~~~

Oke ehem lanjut

Semuanya bermula ketika saya ada job buat nganterin orderan ke PIPP. Buat yang nggak tau PIPP, PIPP adalah kepanjangan dari Pusat Informasi Pariwisata dan Pelataran Parkir Makam Bung Karno Blitar. Jadi PIPP ini merupakan tempat parkir kendaraan pariwisata Makam Bung Karno. Biasanya, yang parkir disini adalah bis bis. Terus nanti pas mau ke Makam Bung Karno (MBK) bisa naik becak, ojek maupun jalan kaki. Hehe

Abis nganterin barang itu tetiba galau, soalnya bingung mau ngapain. Dan pada akhirnya, muncullah ide buat (sok sokan)  jadi turis sehari di kota sendiri hihihi. Jadi saya berkunjung ke semua tempat pariwisata yang ada di Kota Blitar loh! Muahahaha seruu!

Tempat pertama yang saya tuju yaitu PIPP tadi (berhubung nganterin barang ke sini, sekalian keliling deh hehe). Oh iya, selain buat tempat parkir, di PIPP ada semacam gazebo gede gitu (atau selasar ya? Hehe). Biasanya di gazebo itu diadain pentas seni loh seperti wayang, jaranan, hadrah, daaan masih banyak lagi. Dan setiap tahunnya biasanya ngadain semacam bazar dan pasti rameee hihi.

Lanjut. Dari PIPP, saya langsung menuju ke tempat wisata yang udah tersohor dimana mana. Makam Bung Karno! Makam Bung Karno ini setiap hari selalu ramai loh! Apalagi kalo weekend kayak gini hihi.

Tapi sebelum saya mampir ke Makam Bung Karno, saya mampir ke Museum Bung Karno dulu, soalnya satu lokasi hehehe. Di museum ini, terdapat lukisan dan koleksi barang barang Bung Karno. Salah satu yang terkenal yaitu lukisan Bung Karno yang bisa berdegup sendiri! Nahloh hihihi.

Setelah asyik menikmati lukisan, saya langsung ke Makam Bung Karno. Sebelum masuk kesini, saya mengisi buku kunjungan dan disuruh memberi sumbangan seikhlasnya. Trus masuklah saya ke lokasi dan sesuai dengan dugaan saya. Bener bener penuuuh! Banyak wisatawan yang ziarah ke MBK (Makam Bung Karno), secara Pak Karno gitu loh! Presiden pertama RI hihi. Ditambah weekend pula huahaha lengkaplah sudah xD

Setelah berziarah, saya langsung ke destinasi wisata berikutnya. Tetapi sebelum keluar dari kompleks Makam, saya harus melewati lorong lorong yang ternyata itu adalah sebuah pasar oleh oleh. Ada sekitar 73 kios yang berada disini, semuanya menjual pernak pernik tentang Bung Karno dan juga kerajinan khas Kota Blitar seperti gantungan kunci, hiasan dan pajangan rumah, baju, lukisan, mainan anak tradisional daaan masih banyak lagi.

Setelah keluar dari pasar, saya langsung ke destinasi berikutnya, Perpustakaan Bung Karno. Perpustakaan ini juga masih satu lokasi dengan Museum Bung Karno. Huehehehe. Mengapa saya memilih ke MBK dahulu baru ke Perpustakaan Bung Karno?

Soalnya saya sambil baca sekalian, sodara sodara. Muahahah ehem. (Alibi neduh dari hujan wkwk)

Jadi, Perpustakaan Bung Karno ini diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada tahun 2004. Disini, banyak banget koleksi buku tentang Bung Karno dan juga koleksi buku umum seperti buku agama, filsafat, bahasa, politik, komunikasi, kesehatan, majalah, novel daaan koleksinya lumayan lengkap loh! Dulu waktu SMP sampe SMA saya sering banget pinjem buku disini terutama novel hihihi.

Perpustakaan ini buka setiap hari loh! Hari Senin sampai Jumat sampai pukul 17.00, kalo weekend cuman sampai jam 15.00 hehehe. Tempatnya asyik banget! Bikin betah hihihi biasanya saya disini sampe gak sadar kalo udah mau tutup xD

Next, saya lanjut ke taman rekreasi keluarga, Kebon Rojo. Setiap hari Minggu atau hari libur sekolah, taman ini dipadati oleh keluarga yang mengajak putra putrinya liburan. Jadi, berhubung hari ini hari Minggu, bisa ditebak. Rameeeee! Soalnya memang disetting buat rekreasi anak anak hueheheu.

Disini banyak permainan yang bisa dicoba seperti motor listrik, ayunan, outbond dan masih banyak lagi. Selain itu, ada hewan hewan bisa dilihat seperti burung, monyet dan juga rusa. Tempatnya rindang banget, banyak pohon pohonnya hihi. Biasanya, di tempat ini diadakan lomba lomba buat anak anak seperti lomba mewarna dan menggambar hehehe. Waktu kecil saya pernah ikut lomba mewarna disini loh hihihi xD

Yuk lanjuut!

Setelah ke Kebon Rojo, saya lanjut ke Istana Gebang yang lokasinya tidak jauh dari Kebon Rojo. Sedikit cerita, Istana Gebang ini adalah rumah dari orangtua Bung Karno. Disini, kita bisa melihat kamar yang ditempati Bung Karno loh huehehe karena rumah ini boleh dimasuki oleh wisatawan. Dan alhamdulillah, saya bertemu dengan Mbah Mardiono. Beliau adalah salah satu penjaga serta pemandu di Istana Gebang ini. Saya bertemu dengan beliau pertamakali di awal Februari tahun ini dan ternyata beliau adalah teman dari almarhumah Budhe saya huehehehe.

Selanjutnya, saya cuss ke Makam Aryo Blitar. Oh iya, waktu perjalanan ke Makam Aryo ini, saya melewati Kolam Renang Herlingga, yang merupakan salah satu kolam renang di Kota Blitar. Biasanya, anak sekolah kalo praktek renang pada kesini semua nih hahaha xD

Setelah menempuh perjalanan sekitar 15 menit, sampailah saya di Makam Aryo Blitar. Aryo Blitar merupakan pendiri Blitar loh hehehehe. Tapi sayangnya, waktu kesitu kok ya pas tutup jadi nggak bisa masuk deh huhuhu.

Abis dari Makam Aryo Blitar, saya melanjutkan perjalanan lagi ke Waterpark Sumber Udel. Tempat ini merupakan kolam renang yang paling eksis di Blitar, hihihi. Btw ini deket banget sama rumah sampe kadang musiknya kedengeran dari rumah padahal jaraknya 500m an -_- wkwk. Oh iya, saya disini nggak mampir sih, cuman lewat aja huehehe mau masuk tapi rugi sih kalo nggak renang sekalian wkwk. Dan seperti tempat wisata lainnya, tempat ini juga rame kalo waktu liburan. Bahkan kadang bikin macet soalnya banyak bis yang pada parkir di jalan situ huehehe.

Dan selanjutnyaaaaa, saya melancong ke 2 taman yang 2 tahun terakhir ini lagi ngehits di Blitar, Taman Sentul dan Blitar Green Park huhehehe. Tempat ini hampir berdekatan sih, mungkin berjarak sekitar 1.5 km an. Tempatnya asyik loh buat ngadain gathering maupun ngumpul komunitas hihihi. Dan kalo mau jogging dan nyari udara segar, 2 tempat ini recomended sekali ~~

Next trip, saya melanjutkan perjalanan ke Aloon Aloon Blitar. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat rekreasi buat keluarga, soalnya lumayan banyak permainannya hihi. Selain itu, Aloon Aloon Blitar juga biasa buat olahraga, tempat upacara, pagelaran acara kota, salat Idulfitri.. duh pokoknya serbaguna banget deh hihihi.

Dan tempat tujuan terakhir saya adalah Stadion Soeprijadi, yang notabene deket banget dari rumah tinggal ngesot doang wkwk jadi sekalian pulang ke rumah huahaha.

Stadion Soeprijadi ini dibuka untuk umum loh. Banyak anak muda, bahkan ibu ibu dan bapak bapak yang jogging disini. Kadang kalau ada pertandingan sepakbola, stadion ini rame binggo sampe sorak soraknya kedengeran dari rumah wkwk.

Yeay begitulah cerita saya hari ini. Panjang sekali ya hihihi. Bermula jadi kurir eh berujung jadi turis di kota sendiri huehehehe.

Oh iya, ini oleh oleh perjalanan saya tadi. Maaf kalo cuman dikit huehehehe. Kapan kapan saya ulas satu persatu tempatnya lebih lengkap dari ini deeh :p



PIPP Kota Blitar



Perpustakaan dan Museum Bung Karno. dan itu ada lukisan yang bisa degup degup sendiri hiii~~



Makam Bung Karno! 



Kebon Rojo nih. Tuh, rame banget kan yaaa~~




Istana Gebang a.k.a Ndalem Gebang, rumahnya Bung Karno




Taman Sentul. btw tempatnya enak loh kalo buat kumpul kumpul komunitas huehehe



Blitar Green Park



Aloon Aloon Blitar. Btw di sekitar Aloon Aloon sini banyak yang jualan es khas Blitar, Es Pleret. Rasanya? Yummy!



Stadion Soeprijadi yang tinggal ngesot dari rumah wkwk



Makam Aryo Blitar yang sayangnya tadi pas saya kesana tutup huhu



Waterpark Sumber Udel yuhuu~~



Kolam Renang Herlingga hihihi

Semoga bisa segera jadi turis di negeri orang deh hihihihi aamiin. See you again! Have a nice day! :)

5 komentar:

  1. udah komen, berarti jadi pren yang keren yak?

    ajak ajak dong kalau main, biar nggak sendirian :D

    salam kenal dari blog sebelah

    panduaji.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha pasti dong:D kita jadi pren :D
      Hihihi oke siaaaaap. Wah masnya nih udah main kemana mana :p ajak ajak dong hihihi

      Sudah berkunjung balik ^^ orang Blitar juga ya?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. jadi pengen travelling wkwkwk.. note buat aku sendiri nyempetin ke taman sentul sama blitar green park wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuuk pumpung deket sama rumahmu Kaar hihihi :p

      Hapus

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^