Jumat, 15 Januari 2016

Cooking Time: How to Make Lumpia

Salah satu cara saya untuk menghilangkan penat disaat kepala penuh masalah adalah memasak. ya, masak-masakan. hihi seru loh bereksperimen di dapur. rasanya kayak dapet tantangan gitu gimana manfaatin semua bahan yang ada di kulkas biar bisa jadi makanan yang enak dan bisa dimakan. dan alhamdulillah entah kenapa makanan yang selalu saya masak itu ludes ehehehe. jadi semangat buat masak-masak terus nih hihi.

btw ini post kedua saya yang bahas makanan ya? buat post pertama saya tentang memasak, bisa cek postingan sebelum ini ya. disitu saya bagi resep tentang how to make Chicken Karage. nah, di post kedua ini saya akan membagikan resep tentang cara bikin lumpia. jadi, resep ini saya dapatkan dari ibu saya. sejak jaman TK saya sudah sering banget lihatin ibu saya masak. entah itu bikin kue, bikin masakan buat makan sehari-hari, atau sekedar bikin camilan buat pengajian. daaaaan beliau sangat pandai memasak, jadi jangan salahkan saya kenapa saya suka banget main masak-masakan heheeheu.

oke langsung aja

bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan. jadi bahan disini saya bedakan jadi 2 macam, yaitu bahan untuk bikin isi lumpia dan kulit lumpia. kita bahas dulu buat isi lumpianya ya. bahan bahan yang dibutuhkan antara lain:
1. 1 butir bawang bombay, iris tipis
2. 3 siung bawang putih, cincang halus
3. 2 siung daun bawang, iris tipis
4. gula dan garam secukupnya
5. 4 butir telur
6. 1/4 kg daging ayam, cincang halus

cara bikin isi lumpia:
1. panaskan penggorengan, isi minyak
2. setelah panas, masukkan bawang bombay, bawang butih dan daun bawang yang telah diiris
3. tumis hingga timbul bau harum
4. masukkan gula dan garam secukupnya. jangan sampe terlalu asin atau terlalu manis ya
5. masukkan telur, kemudian campur jadi satu dengan bumbu yang lain
6. masukkan daging ayam yang telah dicincang, campur jadi satu
7. goreng hingga setengah matang
8. voila! jadi deh isi lumpianya, hihihi

untuk isi lumpia ini sifatnya opsional sih, bisa ditambah sayuran kayak wortel atau rebung. saya sendiri sih gak suka pake rebung hehehe

nah setelah step isi lumpia, kita sekarang langsung kulit lumpianya ya. bahan bahan buat kulit lumpianya antara lain:
1. 1/2 kg tepung terigu. ini terserah sih mau pake tepung terigu apa, biasanya saya pake tepung terigu merek Cakra. kalo yang Segitiga Biru biasanya buat roti kering ehehe
2. 1 butir telur ayam
3. 1 siung bawang putih, cincang halus
4. garam secukupnya
5. air secukupnya

cara bikin kulit lumpia:
1. campurkan semua bahan menjadi satu. aduk sampai rata. tantangan buat kalian adalah gimana caranya tepung terigu bisa tercampur rata, soalnya ini butuh banget kesabaran dan ketelatenan. kadang kadang malah masih menggumpal gitu, padahal udah diaduk dengan rata. usahakan adonan jangan sampe kebanyakan air ya, jangan terlalu pekat juga. pokoknya harus bisa ngira-ngira sendiri lah hihi
2. kemudian setelah adonan selesai dibuat, panaskan teflon. kenapa pake teflon? biar kulit lumpia mudah dilepaskan dari teflon. oh iya untuk membuat kulit lumpia ini kita cuman butuh sedikit minyak, gausah banyak banyak biar kulit lumpia enggak terlalu berminyak.
3. setelah teflon cukup panas, masukkan adonan menggunakan centong. buat kulit lumpia usahakan jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.
4. jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
5. ulangi hingga adonan kulit habis. untuk setengah kilo tepung terigu, kira kira menghasilkan sekitar 20 sampai dengan 25 kulit lumpia

nah setelah isi dan kulit lumpia sudah jadi, sekarang kita isi kulit lumpia. untuk pengisian kulit lumpia jangan terlalu penuh, biar nanti waktu digoreng isinya enggak tercecer kemana-mana.

setelah kulit terisi semuanya, siapkan penggorengan. isi dengan minyak, kemudian panaskan. setelah panas, masukkan lumpia dan goreng hingga berwarna kecoklatan.

dan voila! Lumpia siap dinikmati. sajikan selagi hangat ya. lebih mantap lagi kalo makannya pake saus ataupun pake cabai rawit. hihi


maaf gak bisa fotoin step by step cara bikinnya, karena emang belum sempet bikin lagi. foto ini bahkan udah sekitar 10 bulan yang lalu hiks mohon dimaafkan yaa


Happy Cooking!

2 komentar:

  1. pernah coba buat lumpia buat iseng2 aja, eh jadinya malah gosong. emang kalo mau ngelakuin sesuatu harus ikhlas wkwk btw gue butuh saran dan kritik blog gue. bahanbacaan21.blogspot.co.id makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha, iya harus tulus ikhlas dan telaten biar bisa jadi lebih baik :D

      Hapus

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^