Minggu, 08 Februari 2015

Where We Go: Umbulthuk Cave and Pangi Beach

Salah satu impian saya adalah bisa main ke sebuah gua dan pantai yang ada di daerah saya. alhamdulillah, Allah ngabulin permintaan saya ini. jadi ceritanya pada pertengahan bulan januari kemarin, saya udah liburan semester yang pertama kalinya sebagai anak kuliah *haha, ketauan kalo masih maba ._.* tepatnya tanggal 22 Januari 2015. awal awal liburan semester ini saya isi dengan sosialisasi universitas saya sendiri ke SMA/SMK/MA yang ada di daerah saya, Blitar. nah kebetulan pada hari itu, saya sama temen-temen se universitas saya yang dari Blitar lagi sosialisasi di SMK Islam 1 Kota Blitar. sosialisasi mulai dari jam 7 *dan saya molor 1 jam, hahaha. maafkan saya, mentemans ._.* sampe kira kira jam 10an. terus lanjut ke MAN daerah Nglegok, Blitar. dan yang sosialisasi kedua ini saya dan beberapa teman saya nggak ikut, soalnya disana yang dibutuhin cuman beberapa orang aja. 'oh oke, gapapa' kata saya. 

trus saya dan beberapa teman saya yang nggak ikut sosialisasi kedua ini galau, bingung mau ngapain. soalnya lagi gabut banget. masih pagi banget, rugi kalo udah pulang. trus tiba tiba ada yang usul 'eh, gimana kalo kita main aja?' trus lainnya tanya 'mau main kemana?' nah kebetulan disana juga ada kakak kelasku yang ikutan sosialisasi. dia usul 'gimana kalo main ke gua Umbulthuk?' semua temen temenku pada penasaran 'kayaknya seru, itu dimana mas? jauh nggak?' dia jawab 'di daerah kademangan situ kok. seru pokoknya. ayo daripada gabut mau ngapain.' trus aku dan beberapa temenku setuju, soalnya pada penasaran. aku sendiri seneng banget, soalnya aku pengen ke tempat ini udah lama, kira kira dari kelas XI. nah yang ngompor ngomporin dulu itu ya kakak kelasku tadi -_-

trus kita berangkat, sebelumnya mampir dulu ke rumahku. ambil beberapa training. soalnya aku udah diceritain dikit, gimana keadaan di dalem gua Umbulthuk situ, hehehe. trus sekitar jam 10 lebih kita berangkat ke sana. oh iya, yang ikut ada sekitar 6 orang, 4 cewek *termasuk aku* dan 2 cowok. bismillah, cuss berangkat! here we go, let's enjoy the adventure!

perjalanan kirakira memakan waktu 1 jam. dan jalan menuju gua Umbulthuk situ kayak........ em.. sesuatu. wkwk. duh petualangan banget pokoknya, hahaha. dan saya goncengan sama teman saya, Ilena. we're strong woman, hihi. that's soooo fun! really. jalanan berkelok kelok, naik turun, kayak naik roller coaster, wkwk. udah gitu banyak batu juga, alhamdulillah nggak kepleset. hehehe.

dan pada akhirnya, sampe juga lah kita di Gua Umbulthuk. salah satu gua yang terdapat di daerah Kademangan, Kabupaten Blitar. kita ber 6 parkir di deket gua situ. ada beberapa bapak dan pemuda di sekitar situ. salah satu dari mereka nanyain kita 'mau masuk gua to dek?' kami jawab 'iya pak' . bapak itu ngomong lagi 'oh bentar ya dek, saya ambilin lampu petromax nya dulu. tungguin bentar ya.' kami jawab 'iya pak'. alhamdulillah, udah nemuin pemandu nya. hehehe. fyi aja, Gua Umbulthuk ini masih alami banget. jadi di dalem sana gak ada penerangan sama sekali, kalo masuk ke dalem sana harus pake lampu. kalo mau masuk ke dalem, WAJIB DAN HARUS bawa pemandu dari situ. kalo nggak gitu, bisa tersesat trus salah jalan. itu beberapa informasi yang saya dapet dari kakak kelas saya, Mas Fahmi. oh iya, masuk ke dalem gua sini gratis, cuman kita bayar pemandu sama lampu nya aja. biayanya sekitar 50k, per pemandu sama lampu nya.



sebelum masuk, kita selfie dulu dong, hihihi.


Mas Fahmi *yang ngajak* - saya- Ilena - Fransina - Irul


Mas Fahmi - saya - Ilena - Puspita - Irul


We're ready for adventure!!

setelah beberapa kali selfie dan petugasnya dateng, kita langsung cuss masuk ke dalem gua. oh iya, alas kaki harus dilepas, kata petugasnya. soalnya, gua nya......... rahasia. nanti saya ceritain di bawah, haha :p here we go. we're ready for adventure today!

begitu masuk ke dalem gua, kami dikejutkan oleh........air. ya, gua Umbulthuk ini bukan gua biasa. gua Umbulthuk ini dalemnya ada airnya. itulah kenapa tadi petugasnya nyuruh kita lepas alas kaki. oh nooo, kita semua gabawa baju ganti -_-oke, gapapalah. bener bener fail banget, hahaha. tapi kata mas Fahmi 'tenang aja, nanti bajumu kering sendiri kok. kita nanti pulang kan juga perjalanan panjang. nanti bakalan kering di jalan kok.' Aku, Ilena, Fransina sama Puspita ngangguk aja. si Irul udah pengalaman banget, dia udah bawa baju ganti, soalnya rumahnya sekitaran situ, jadi dia udah tau. bzz. oke cuss, let's start our adventure today!

gua ini bener bener terbukti masih alami banget, gak ada lampu sama sekali. gelap. pengap. khas gua banget deh. bener kata kakak kelasku, kita harus pake pemandu. yakali, kalo nggak pake pemandu kita buta arah di gua ini -_- nggak lucu juga kalo kami nyasar trus nggak bisa pulang, wkwk. kami masuk ke dalem, udah disambut sama air yang tingginya se pinggul orang dewasa. kaget juga, soalnya baru pertama kali, wkwk. terus kami masuk ke dalem lagi, suara aliran air terdengar sangat begitu jelas. deres banget. sepertinya ini sungai di dalem gua gitu deh, hehehe *sotoy, maafkan*. kita ber 6 di tambah pemandu dan beberapa warga sekitar yang pengen ikutan kami berpetualang mulai menyusuri gua tersebut. duh, sensasinyaaaa. sesuatu banget! beberapa kali saya dan beberapa temen cewek saya meringis kesakitan, soalnya dasar gua tersebut adalah batu. hiks. tapi untungnya, dasar dari gua itu nggak cuman batu doang, ada pasirnya. hehehe. jadi nggak terlalu sakit. ya kalo lagi 'beruntung' aja kita nginjek batunya. wkwk

kami ber 6 semangat banget menyusuri gua ini, malah saking semangatnya saya beberapa kali sampe terpeleset, wkwk. duh malunyaa x_x oh iya, di dalem gua ini juga harus pinter pinter cari jalan juga, soalnya ada beberapa lokasi di dalem situ yang kedalamannya sampe 3 meter lebih. wuih. untung pake pemandu, kalo nggak kita bisa salah ambil jalan nih. pemandu sama warga sekitar juga baik banget sama kita, kita di arahin ke jalan yang benar. 'mbak mbak, jangan ke tengah, itu dalem loh' atau 'mbak mbak, hati hati, batu besar' 'mbak, di bawah itu banyak batunya. kakinya mbak, hati hati' trus 'mbak, awas kepalanya nanti kebentur'. nah ini nih, pemandu yang baik nih. huehehe.

pemandangan di gua ini, subhanallah... bukti kekuasaan dari Allah. nggak henti-hentinya aku terkagum kagum disini. bersyukur bisa masuk ke dalam gua seindah sini. stalagmit dan stalagtit nya masih ada. alami, lagi. trus banyak kelelawar yang masih hidup disini. bener bener dijaga ke asliannya. rugi banget kalo nggak nyoba berkunjung kesini :3 *promosi*

kami semua menyusuri gua ini kurang lebih selama hampir 1,5 jam. gak kerasa, sumpah. apa mungkin saking serunya ya? haha. saya sendiri sangat menikmati petualangan ini, sampe hampir tenggelam. wkwk. dan saya baru sadar kalo hari itu saya lagi puasa -_- untung nggak nelen air, huhuhu. nyaris saja -_- oh iya, kami menyusuri gua ini kira kira 500m an, trus kami puter balik. sebenarnya masih bisa terus sih, tapi kami minta udahan aja, soalnya udah capek, wkwk. dan ini ada beberapa foto tentang suasana di dalam gua



ini masuk awal awalnya. lihat, udah disambut sama air, kan?


pemandu kami, hihi. terimakasih sudah memandu kami, pak!



batunya licin loh, makanya harus saling membantu satu sama lain



batu yang ada di dalam gua



hati hati banget sama batu, soalnya kalo kena kepala kan...lumayan juga. wkwk




walo basah kuyup kayak gini, ngeksis tetep nomer 1

oh iya, maaf fotonya agak ngeblur. soalnya cahayanya juga cuman dari lampu sama dari flash hp doang, hehehe


setelah keluar dari gua, hehehehe

abis petualangan di gua Umbulthuk, kami nggak langsung pulang. kami ber 6 mampir dulu ke sebuah pantai yang namanya Pantai Pangi. lokasinya nggak jauh dari gua Umbulthuk kok. kira kira cuman memakan waktu 15 menitan untuk sampai kesana. sekalian mampir sambil ngeringin baju yang basah kuyup, wkwkwk.

oh iya, kami nggak bisa parkir di sekitar pantai nya langsung. soalnya sebelum menuju ke pantai tersebut kita harus melewati sebuah sungai. dan jalan itu nggak bisa dilewati sama kendaraan. jadi kami  parkir dulu di lokasi yang jaraknya 200meter dari pantai. trus kami jalan ke pantainya. hihi



jalan menuju ke pantai. udah kayak bolang, belum? haha


nah, ini jalan yang harus kami lalui sebelum menuju ke pantai. kecil banget. dan itu kalo ke atas dikit, jalannya curam. makanya gabisa dilewati sama kendaraan

akhirnya setelah berjalan like a bolang, sampai juga di pantai Pangi. duh, gak rugi deh jalan dulu menyusuri sungai pas mau ke sini. pemandangannya uhuy sekali. hihihi




subhanallah sekali, hihihi




ngeksis is a must!


serasa galau banget, kayak butuh pendamping hidup *lah*

ya begitulah petualangan kami hari ini. seneng? banget. bersyukur sama Allah bisa ngasih kesempatan saya kesini. mudahan-mudahan Allah ngasih kesempatan lagi buat main kesini. Amin.Tunggu petualangan saya selanjutnya yaa. hihihi

Have a nice day!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^