Sabtu, 07 Maret 2015

Tutorial DIY : Membuat Bintang dari Kertas

holaa, akhirnya saya posting lagi. hihihi. maafkan udah lama gak posting. maklum, sekarang udah masuk kuliah lagi dan jadwal lebih padet dari semester kemaren. berangkat pagi pulang sore, belum lagi kalo ada acara, seminar, kajian, trus tugas tugas. dan sekarang udah mulai mondar mandir belajar terapi di RS. oke ini kenapa mendadak curhat -_- maafkan. dan intinya walopun padet tapi tetap disyukuri dan harus tetep produktif. haphaphap, semangaat! hihi

anyway, di postingan kali ini saya akan share tentang DIY, tutorial membuat bintang dari kertas. saya pernah ngasih kado kayak gini kepada seseorang, dan banyak temen temen saya yang pengen tau cara buatnya. hahaha. cara buatnya simpel banget kok, gak butuh lama dan bisa jadi kado unik antimainstream :p so, let's make it!

Alat dan Bahan

1. kertas HVS. nah, kertas yang dipilih sih terserah, mau yang A4 atau F4. bebas kok. asal bukan kertas manila atau kertas bufallo ya. kalo tebel, gak bisa jadi bintang nya. hihi

2. cutter

3. penggaris

4. pensil




step by step:

1. siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan

2. potong kertas HVS dengan lebar 1 cm. kalo lebar sih tergantung kebutuhan, pengen bintang yang ukuran seberapa. tapi kalo mau kelihatan unyu unyu kayak permen, saya saranin lebarnya 1 cm aja :)


3. ambil salah satu potongan kertasnya



4. ambil salah satu sisi kertas, bentuklah potongan kertas seperti lambang HIV/AIDS



5. masukkan sisi lainnya ke dalam lubang yang telah terbentuk. kayak ngiket tali sepatu gitu deh pokoknya, hihi



6. tarik kertas hingga bener bener rapet. tapi jangan sampe sobek loh yaa. dan kertas ini akan membentuk segi lima yang setengah jadi. hihihi



7. ambil bagian kertas yang panjang, trus kaitkan pada bentuk segilima yang setengah jadi tersebut mengikuti alur



8. naah, udah kebentuk deh segilima nyaa. kayak gini



9. pencet-pencet setiap sisi segilima hingga menggembung membentuk bintang :3



10. dan voila! bintang dari kertasnya sudah jadi :3 gimana? simpel kan? hohoho




oh iya, saran dari saya kalo mau kasih kado kayak gini buat seseorang, di setiap bintangnya ditulisin kata-kata di dalemnya. kayak quotes, semangat, atau kata-kata cinta juga boleh :p ntar dia suruh buka bintangnya satu per satu, hihihi (ini niat kado sambil ngerjain, ceritanya -_-v). oh iya, nulisnya kata-kata pas waktu kertasnya masih dalam bentuk potongan panjang yang lebarnya 1cm lho yaa. trus abis itu bintang bintang tersebut masukin ke dalem toples kaca atau botol kaca, dan jadi deh :D 



selamat mencoba, selamat berkarya. semoga bermanfaat. hihihi ^^

Selasa, 17 Februari 2015

Perjuangan Meraih Mimpi: Usaha Keras Takkan Menghianati

halo, hehehe. di postingan kali ini, saya akan sedikit berbagi cerita tentang perjuangan saya untuk meraih mimpi menjadi seorang mahasiswi perguruan tinggi negeri. maaf kalo ceritanya agak panjang, soalnya emang banyak yang ingin saya ceritakan disini. saya bukannya ingin pamer atau sombong atau apalah itu namanya. tapi di postingan ini saya ingin bener-bener berbagi, berbagi pengalaman, berbagi cerita supaya tambah semangat buat mengejar mimpi, setinggi apapun itu. syukur syukur kalo terinspirasi, hehe. yuk, simak yuk. bismillah..

kelas XII. tahun akhir masa putih abu-abu. dimana pada masa ini pada mulai mikir tentang masa depan. masa -masa yang harus dijalani untuk bisa lulus dari sekolah menengah atas. masa-masa yang mempertaruhkan segalanya untuk menggapai sebuah mimpi dan harapan untuk menjadi seorang mahasiswa.

tahun 2013-2014 kemarin, saya menjalani masa itu. masa dimana galau-galaunya menjadi siswa. bener asli galau, wkwk. di masa akhir sekolah ini, beban saya menjadi siswa menjadi berlipat-lipat. selain tugas-tugas yang semakin hari semakin beranak pinak, saya juga dihadapkan dengan ujian praktik, ujian sekolah, dan juga UN. nah, ujian yang terakhir itu bikin merinding. tau sendiri kan UN itu kayak gimana? dan setiap tahun sistemnya selalu ganti. dan sistem tahun saya itu.... nanti saya ceritain di bawah, hehe. selain ujian ujian yang harus saya dan teman-teman seperjuangan saya tempuh untuk lulus menjadi seorang siswa, kami juga harus dihadapkan dengan....kuliah. 'mau nerusin dimana?' 'mau kuliah dimana?' 'mau ambil jurusan apa?' pertanyan itu selalu dilontarkan kepada saya ketika saya ngobrol dengan teman-teman, guru, dan juga keluarga. pada waktu itu, saya masih bingung mau ngambil jurusan apa. soalnya saya sendiri juga bingung passion/minat saya itu ke jurusan apa. hehe

Oktober 2013-Januari 2014. bulan bulan dimana saya lagi galau milih jurusan. saya bingung mau ngambil jurusan apa. saya sendiri berasal dari jurusan IPA, tapi saya merasa kalo saya ini produk IPA gagal. gimana nggak gagal coba? nilai matematika, fisika, kimia selalu hancur. biologi, walaupun nggak separah pelajaran MAFIA, nilainya juga nggak bagus bagus amat. makin bingung dan galau lah saya ini. mau banting setir ke IPS, ortu juga agak gimana gitu pas waktu saya milih desain interior. oke, ternyata saya nggak direstuin. 'nduk, kamu ini anak IPA, cari jurusan kalo bisa mengarah di IPA ya nduk. eman-eman IPAmu.' itu kata ortu saya ketika saya mengutarakan keinginan mau ambil jurusan IPS. jleb. sakitnya tuh dimana-dimana.

kalo dari IPA sendiri, jurusannya ada kesehatan, teknik, fmipa, sama pendidikan yang tentang ipa. akhirnya saya minta pendapat ke ortu. selain minta pendapat ortu, saya juga minta pendapat dari sahabat-sahabat saya. mereka nyaranin saya ngambil kesehatan. mereka agak kesel sih, kenapa saya nggak boleh ngambil desain. saya cuman bisa senyum pasrah aja, hehe. ya sudahlah, nasib memang kalo nggak boleh ngambil desain.

Januari 2014. SNMPTN. jalur termudah untuk masuk dan diterima menjadi mahasiswa PTN. hanya bermodalkan nilai rapor, makanya saya bilang jalur paling mudah. hehe. saya dan teman-teman seperjuangan saya tentu saja nggak melewatkan kesempatan ini. kami semua mulai memantapkan jurusan yang kami pilih. kami mulai mengecek jurusan dan universitas satu sama lain, takut kalau ada yang ngambil jurusan di universitas yang sama. kalo ada yang ngambil jurusan yang sama, salah satu dari siswa yang ngambil jurusan yang sama itu harus ngalah, terutama yang nilainya ada di bawah pesaingnya.

saya sendiri alhamdulillah, sudah mantep sama jurusan yang saya ambil. Kesehatan Masyarakat, untuk pilihan pertama. dan pilihan kedua saya isi dengan Keperawatan. untuk universitasnya, saya milih universitas yang terkenal akan jaket kuning nya itu loh. hehe. orang tua saya setuju ketika saya memilih jurusan ini. alhamduliilah, akhirnya direstuin. hehehe.

Februari-April 2014. bulan-bulan tersibuk nya bagi siswa kelas XII. kami disibukkan ujian ini dan itu. tugas ini dan itu. bener-bener menguras tenaga dan pikiran.harus bisa disiplin membagi waktu antara mengerjakan tugas, belajar untuk ujian praktik, ujian TOEFL, ujian sekolah, UN, dan juga SBMPTN. oh iya, walaupun saya daftar SNMPTN, saya nggak lupa sama SBMPTN, jalur masuk PTN setelah SNMPTN. sejak bulan Oktober 2013, saya mulai belajar SBMPTN. saya tahu, di jurusan yang aku ambil ini pesaingnya nggak cuman 1 atau 2 orang. ratusan, bahkan ribuan. dan itu di seluruh Indonesia. walau cuman ngerjain soal dikit dan kadang nggak bisa sama sekali, saya tetap berusaha buat ngerjain. saya mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk, nggak lolos SNMPTN. 'dicicil, biar nggak berat di akhir.' kata seorang motivator favorit saya, kak Rizky Dea.

selain belajar dan mengerjakan tugas, saya juga meningkatkan ibadah saya sama Allah. shalat 5 waktu ditambah shalat tahajud, dhuha, puasa senin kamis (kalo yang puasa itu, kadang saya telat bangun buat sahur, jadi nggak puasa. nyesel u.u ). selain itu, ngaji habis shalat magrib. saya bukannya takabur ibadah, tapi sama siapa lagi yang bisa membantu selain Allah? 'usaha tanpa doa itu sombong. doa tanpa usaha itu bohong.' itu kata-kata yang saya ingat sampe saat ini.

April 2014. setelah melewati beberapa kali ujian, akhirnya saya menghadapi bulan ini. bulan yang di dalamnya terdapat sebuah ujian yang harus saya hadapi untuk bisa lulus dari SMA. ya, saya harus menghadapi UN. bener-bener grogi. apalagi saya merasa masih kurang belajaranya. saya takut kalo nggak lulus. saya takut kalo nggak bisa banggain kedua ortu, takut kalo nggak bisa dapet nilai yang bagus. apalagi UN ini 20 paket. dan soal-soalnya bertaraf internasional. makin takutlah saya ini. jujur, saya nggak pakai kunci jawaban. bener bener ngerjain sendiri, meres otak sampe nangis. tapi saya yakin, saya bisa lulus. ada Allah yang selalu bantu saya. dimana pun dan kapan pun. saya yakin itu.

Alhamdulillah, akhirnya UN pun berlalu. saya pun sedikit lega, bisa melewati itu semua. pengumuman kelulusan sekitar tanggal 20 Mei 2014. masih ada waktu sekitar 1 bulan lebih. dan di waktu penantian itu, saya isi dengan membantu pakdhe saya jualan di warungnya, sambil belajar SBMPTN. ya, saya mulai belajar lagi SBMPTN setelah pikiran saya terfokus sama UN. saya tahu dan sadar, nilai saya nggak bagus-bagus amat buat diterima di SNMPTN. saya mulai kehilangan harapan di SNMPTN, jadi saya kembali belajar SBMPTN. nggak tau saya bisa atau enggak tetep saya kerjain. kalau nggak bisa, saya lihat pembahasan yang ada di halaman belakang. saya sendiri nggak ikut bimbel intensif SBMPTN seperti teman-teman saya. bener-bener mandiri ngerjain sendiri. hehehe. saya tetep semangat, demi masa depan! bismillah, kan ada Allah yang selalu bantuin. hehe.

20 Mei 2014. hari pengumuman kelulusan pun tiba. alhamdulillah, SMA saya lulus 100%. alhamdulillah, saya bersyukur bisa lulus. walau nilai pas-pas an. nilai saya jelek banget. rata-rata cuman 6. tapi saya syukuri itu semua, soalnya saya ngerjain itu dengan jujur. saya tahu, Allah Maha Adil. Allah Maha Mengerti semuanya. saya percaya itu :')

dan tibalah di tanggal ini. 27 Mei 2014. hari ini, hari penentuan. ya, hari ini merupakan hari pengumuman SNMPTN. dan hasilnya adalah.....SAYA NGGAK LOLOS. saya sempet galau, tapi cuman sebentar. karena saya sendiri tau, pesaing saya sangat banyak dan nilai saya nggak memenuhi. saya kemudian berkata pada diri sendiri, 'oke, kalo gagal di SNMPTN, berarti.....WELCOME TO THE REAL BATTLE WAR. semangat Dhira, kamu pasti bisa. berjuang mati matian demi membuat ortu bangga.'

saya mulai belajar lagi. belajar SBMPTN. oh iya, saya ambil SAINTEK, dan jurusan yang saya ambil tetap Kesehatan Masyarakat. saya tetap mengejar mimpi saya disitu. saya nggak mau nyerah begitu aja, nggak mau berhenti hanya karena gagal di SNMPTN. saya harus terus berjuang demi menjadi mahasiswi jurusan kesehatan masyarakat. selain daftar SBMPTN, saya juga daftar SIMAK UI. jurusan yang saya ambil juga tetap, Kesehatan Masyarakat. bismillah, mudah-mudahan saya lolos.

saya belajar bareng dengan teman-teman seperjuangan saya yang belum lolos undangan. kami berjuang demi menggapai cita-cita kita masing-masing. dan selama 3 minggu lebih kami belajar tanpa kenal lelah. 'USAHA MENENTUKAN HASIL' quotes yang saya jadikan pacuan untuk belajar SBMPTN sama SIMAK UI ini.

17 Juni 2014. SBMPTN pun tiba. dengan berbekal doa dan keyakinan, saya berangkat untuk tes SBMPTN. dan tadaaa..... soal-soalnya sesuatu sekali. ya Allah, saya bener bener grogi. saya mengerjakan sebisa mungkin. saya cuman bisa berdoa aja. semoga diberikan hasil yang terbaik. 

23 Juni 2014. SIMAK UI. soal soal yang saya hadapi di SIMAK UI ini pun nggak jauh beda sama SBMPTN. bener bener nggak bisa diprediksi. ya Allah... semoga hasil belajar saya nggak sia-sia. semoga diberikan hasil yang terbaik. cuman itu doa saya.

sebulan kemudian..... 16 Juli 2014. pengumuman SBMPTN. jam 17.00, semua temen-temen seperjuangan saya udah pada bilang 'alhamdulillah, lulus. alhamdulillah. Allahu Akbar.' dan saya belum buka, karena masih takut. saya bener bener takut kalo gagal untuk kedua kalinya. dan jam 18.00 setelah buka puasa saya buka web SBMPTN dan hasilnya adalah....... SAYA NGGAK LOLOS. LAGI. Ya Allah, saya bener bener nangis. nggak berhenti-berhenti. saya nangis karena belum bisa buat ortu saya bangga. disaat semua temen-temen seperjuangan saya udah berhasil menggapai mimpinya, saya harus gagal lagi untuk yang kedua kalinya. 

saya mulai berpikir, 'Ya Allah, apakah usaha saya ini masih kurang? apakah usaha saya ini sia-sia? kenapa Kau begitu tega? kenapa Ya Allah? kenapa?' saya hampir saja menyerah, ingin ngambil perguruan tinggi swasta yang ada di kota saya saja. tapi kemudian saya memarahi diri sendiri. 'bukan Allah yang salah. bukan Allah! Allah nggak pernah salah, pasti kamu yang salah!' 

kemudian saya mulai merenung. iya, saya yang salah. usaha saya masih kurang. masih sangat kurang. nggak disiplin sama jadwal belajar. masih sering ketiduran kalo belajar. kadang kurang serius belajar. masih banyak main mainnya. usaha saya masih sangat kurang. masih belum serius. ya, mungkin itu. Allah ingin melihat saya lebih serius lagi untuk meraih mimpi saya. menjadi mahasiswi PTN. dan saya berjanji, akan berjuang habis-habisan untuk menggapainya. saya nggak bakal nyerah begitu saja.

18 Juli 2014, saya mulai bangkit lagi. dibantu oleh sahabat saya, Clara Irdaneta, saya mulai cari info tentang pendaftaran PTN yang masih ada. dan ternyata alhamdulillah memang masih ada. di Universitas Airlangga, jalur Diploma III gelombang 2. pendaftarannya masih dibuka tanggal 20 Juli sebenarnya, heheu. sebenarnya ada jalur Mandiri, tapi sama ortu saya nggak boleh ikut jalur Mandiri. dari awal memang saya sudah berencana untuk nggak ngambil jalur Mandiri. bismillah, saya daftar di Unair. dan kedua ortu saya pun merestui nya. saya mulai merelakan jurusan kesehatan masyarakat yang saya impikan. sepertinya takdir saya memang bukan di jurusan itu :')

di Unair ini saya memilih jurusan yang sebenernya saya minati dari kelas XI. Fisioterapi. entah kenapa suka aja sama jurusan itu, padahal belum terlalu paham jurusan itu kayak gimana, wkwk. dulu sih udah pernah di promosiin sama kakak kelas dulu kalo fisioterapi itu enak, seru pokoknya. trus pilihan kedua saya memilih Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. bismillah, untuk kali ini, saya akan berjuang habis-habisan. mati matian. berjuang sampe bangku PTN ada di tangan. saya akan membuktikan sama Allah bahwa saya memang benar-benar serius. PTN HARGA MATI. Alhamdulillah, dari awal pendaftaran, mulai dari ngumpulin berkas, verifikasi berkas sampe pembayaran tes lancar terus. bismillah, semoga tes kali ini bisa lolos, amin.

22 Juli 2014. pengumuman SIMAK UI. saya sendiri udah nggak terlalu berharap disini. saya sadar diri, jurusan yang saya ambil itu peminatnya memang banyak banget. and the result is..........SAYA NGGAK LOLOS. LAGI. tapi saya nggak terlalu kecewa. udah mulai terbiasa melihat kata 'TIDAK LOLOS' di layar. it's okay, I'm strong~

sebenarnya saya ikut tes lagi, di UNPAD. tapi tetep aja NGGAK LOLOS. oke, nggak lolos untuk yang ke 4 kalinya. it's okay, soalnya tes nya tanpa rapor juga. dan saya nggak terlalu berharap juga.

saya pun mulai menyusun jadwal belajar lagi. karena hampir deket sama lebaran dan saya harus membantu ibu saya untuk mempersiapkan kue dan camilan, jadi saya harus merubah jadwal. bantu-bantu iya, belajar juga iya. pokonya kali ini gak boleh ada kata gagal lagi. harus disiplin dengan jadwal, gak boleh main-main lagi. harus serius, harus komitmen dengan jadwal yang udah dibuat. 

bangun jam 3 pagi, tahajud. abis itu belajar sampe shubuh. abis shubuh belajar lagi sampe jam 8 pagi. shalat dhuha, trus bantuin ibuk sampe siang. jam 1-4 sore belajar lagi, trus istirahat, abis magrib tilawah sampe jam 7 malam. jam 7-10 malam belajar lagi. terus tidur. capek? banget. saya bener bener capek. tapi saat inget kalo saya belum dapet PTN itu rasa capeknya hilang. berubah jadi semangat lagi. ya, kali ini saya nggak akan main-main lagi. karena saya yakin dua hal : 'tidak ada keringat yang tidak dibayar. hasil yang kamu dapatkan akan sebanding lurus dengan keringat yang kamu keluarkan.' dan 'impian ada di tengah peluh, usaha keras takkan menghianati.'

selain menambah jadwal belajar, saya juga menambah lagi ibadah saya sama Allah. shalat 5 waktu, shalat tahajud, shalat dhuha, tilawah, sedekah. saya berdoa sungguh sungguh ke Allah. bukannya nyombongin ibadah atau apa, karena hanya Allah sebaik-baiknya penolong. hanya Allah lah yang bisa membantu saya. saya yakin, dan saya percaya dengan quote ini : 'Dalam setiap mimpimu, libatkanlah Allah selalu di dalamnya. agar Ia tahu, betapa engkau sangat mempercayai kuasaNya.'

oh iya, setiap belajar saya selalu ngedengerin musik musik yang membuat saya semangat untuk belajar. recomended banget buat kalian yang butuh penyemangat buat belajar. terutama yang jomblo, yang nggak punya penyemangat belajar. wkwk. saya kasih list nya nih:
1. Pelangi Sehabis Hujan - selalu pengen nangis kalo denger lagu ini. cocok banget sama yang saya alamin.
2. Berserah - Gamaliel & Audrey
3. Pasti Bisa - Citra Idol
4. HAP Tangkap - The Changcuters
5. Ya Sudahlah - Bondan ft. Fade to Black
6. Jangan Menyerah - D'Massive
7. Shonichi - JKT 48
8. Esok Kan Bahagia - Ariel, Giring, Momo, Ryan
9. Fix You - Coldplay
serius, lagu lagu diatas bikin saya sadar. bahwa saya harus yakin dan percaya. Allah nggak bakal ngasih ujian diluar kemampuan hambaNya. Harus ada hujan dulu sebelum muncul sebuah pelangi. Allah selalu menepati janjinya.

tanggal 4 Agustus 2014. hari dimana saya bertemu dengan teman-teman saya di sekolah untuk mengambil SKHU. jujur, saya sempat minder karena saya belum mendapatkan bangku PTN dan sedangkan mereka semua udah daftar ulang di kampus masing-masing. saya sempet kepikiran buat nggak dateng aja. malu. tapi saya memarahi diri sendiri. nggak boleh menghindar. saya harus bertemu dengan mereka. karena, selain kangen sama mereka, juga sekalian minta doa biar bisa menyusul mereka jadi mahasiswa. hehehe. dan.... mereka bener bener teman yang super sekali! mereka sangat men support saya, menyemangati saya. meyakinkan bahwa saya bisa. ah terharu, thanks guys :')

8 Agustus 2014. saya berangkat ke Surabaya ditemani oleh sahabat saya sejak TK, Dinta Maydita. dia diterima di jurusan Ekonomi Pembangunan, Unair. Alhamdulillah punya sahabat super kayak dia. saya disemangati terus, wkwkwk. thanks sista, you're my everything pokoknya :3

10 Agustus 2014. hari tes itu pun tiba. alhamdulillah, walopun ada yang ngawur ngawur dikit tapi semuanya lancar. gatau kenapa yakin aja gitu. hehehe. semoga diberikan hasil yang terbaik sama Allah. semoga usaha saya selama ini nggak sia-sia. semoga kali ini saya membaca kata 'selamat' di layar. Ya Allah, apapun hasilnya, saya pasrah. saya yakin itu adalah pemberian yang terbaik untuk saya. 

awalnya, pengumuman ujiannya itu tanggal 12 Agustus. tapi ternyata, dimajukan tanggal 11 Agustus. saya sendiri nggak tau kalo dimajukan sampai tiba-tiba ada telepon dari Dinta. dia mengabarkan sesuatu, dan saya langsung teriak dan nangis saat itu juga. *ampuni saya sista, telah membuat telingamu error. wkwk* gimana nggak nangis trus syok coba, kalo dapet kabar "SELAMAT, ANDHIRA ARUM MUDZALIFA. ANDA DITERIMA DI PROGRAM STUDI FISIOTERAPI UNIVERSITAS AIRLANGGA." saya langsung sujud syukur, nangis. bener bener bersyukur banget sama Allah. satu rumah langsung nangis. setelah gagal untuk yang ke 4 kali, alhamdulillah. semua jerih payah, hasil kerja keras selama ini terbayar sudah. mungkin saya memang nggak dilolosin di jurusan kesehatan masyarakat. mungkin jalan saya memang disini, di fisioterapi. Allah, terimakasih atas karuniaMu ini. terimakasih banyak.. :') terimakasih banyak buat yang ngedoain saya selama ini. semoga doa yang baik kembali ke kalian :') dan sampai sekarang, saat saya mengetik postingan ini, saya masih belum percaya kalo mimpi saya menjadi nyata. saya duduk di bangku PTN. saya menjadi seorang mahasiswi. dengan hasil kerja keras saya SENDIRI.

jangan takut bermimpi. jika kamu punya mimpi, kejarlah. tak peduli dengan rintangan yang akan dihadapi. jangan pernah menyerah. percayalah. jika kamu yakin kamu BISA, kamu PASTI BISA. 


fokus dengan MIMPI dan AMBISI mu. tahan rasa sakitmu. saat kau berada di puncak, percayalah bahwa doamu, kerja kerasmu, dan semua pengorbananmu akan berbuah manis. tidakkah kau bangga saat orang tuamu bercerita jika kamu, anak mereka, masuk di PTN yang seleksinya pun sangat sulit? Buat mereka tersenyum, buat mereka bangga saat bercerita tentangmu.


Allah Maha Melihat, bersungguh-sungguhlah dalam meraih mimpimu. meraih impianmu.

Allah Maha Mendengar. Ia tak pernah bosan mendengar segala doa-doamu yang kamu ucapkan padaNya. 
Allah tak pernah tidur. Allah Maha Adil. Allah akan membalas apapun yang dikerjakan hambaNya, sesuai usaha yang dilakukan. Allah takkan membiarkan hambaNya yang meminta, pulang dengan tangan yang kosong.
Allah ada sesuai dengan prasangka hambaNya. berprasangka baik lah padaNya.
Segala sesuatu yang tidak mungkin, adalah mungkin ketika kamu lebih banyak meminta kepada Allah.

maafkan saya kalo ceritanya panjang banget. udah saya jelasin di awal postingan, saya bukannya mau nyombong atau apa. tapi saya hanya ingin sekadar berbagi pengalaman, berbagi cerita. mudah-mudahan bermanfaat. semoga dapat menginspirasi :) oh iya, bonus beberapa qoutes favorit saya nih. heheu










have a nice day. semangat dalam meraih segala mimpimu. FIGHTING!

Minggu, 08 Februari 2015

Where We Go: Umbulthuk Cave and Pangi Beach

Salah satu impian saya adalah bisa main ke sebuah gua dan pantai yang ada di daerah saya. alhamdulillah, Allah ngabulin permintaan saya ini. jadi ceritanya pada pertengahan bulan januari kemarin, saya udah liburan semester yang pertama kalinya sebagai anak kuliah *haha, ketauan kalo masih maba ._.* tepatnya tanggal 22 Januari 2015. awal awal liburan semester ini saya isi dengan sosialisasi universitas saya sendiri ke SMA/SMK/MA yang ada di daerah saya, Blitar. nah kebetulan pada hari itu, saya sama temen-temen se universitas saya yang dari Blitar lagi sosialisasi di SMK Islam 1 Kota Blitar. sosialisasi mulai dari jam 7 *dan saya molor 1 jam, hahaha. maafkan saya, mentemans ._.* sampe kira kira jam 10an. terus lanjut ke MAN daerah Nglegok, Blitar. dan yang sosialisasi kedua ini saya dan beberapa teman saya nggak ikut, soalnya disana yang dibutuhin cuman beberapa orang aja. 'oh oke, gapapa' kata saya. 

trus saya dan beberapa teman saya yang nggak ikut sosialisasi kedua ini galau, bingung mau ngapain. soalnya lagi gabut banget. masih pagi banget, rugi kalo udah pulang. trus tiba tiba ada yang usul 'eh, gimana kalo kita main aja?' trus lainnya tanya 'mau main kemana?' nah kebetulan disana juga ada kakak kelasku yang ikutan sosialisasi. dia usul 'gimana kalo main ke gua Umbulthuk?' semua temen temenku pada penasaran 'kayaknya seru, itu dimana mas? jauh nggak?' dia jawab 'di daerah kademangan situ kok. seru pokoknya. ayo daripada gabut mau ngapain.' trus aku dan beberapa temenku setuju, soalnya pada penasaran. aku sendiri seneng banget, soalnya aku pengen ke tempat ini udah lama, kira kira dari kelas XI. nah yang ngompor ngomporin dulu itu ya kakak kelasku tadi -_-

trus kita berangkat, sebelumnya mampir dulu ke rumahku. ambil beberapa training. soalnya aku udah diceritain dikit, gimana keadaan di dalem gua Umbulthuk situ, hehehe. trus sekitar jam 10 lebih kita berangkat ke sana. oh iya, yang ikut ada sekitar 6 orang, 4 cewek *termasuk aku* dan 2 cowok. bismillah, cuss berangkat! here we go, let's enjoy the adventure!

perjalanan kirakira memakan waktu 1 jam. dan jalan menuju gua Umbulthuk situ kayak........ em.. sesuatu. wkwk. duh petualangan banget pokoknya, hahaha. dan saya goncengan sama teman saya, Ilena. we're strong woman, hihi. that's soooo fun! really. jalanan berkelok kelok, naik turun, kayak naik roller coaster, wkwk. udah gitu banyak batu juga, alhamdulillah nggak kepleset. hehehe.

dan pada akhirnya, sampe juga lah kita di Gua Umbulthuk. salah satu gua yang terdapat di daerah Kademangan, Kabupaten Blitar. kita ber 6 parkir di deket gua situ. ada beberapa bapak dan pemuda di sekitar situ. salah satu dari mereka nanyain kita 'mau masuk gua to dek?' kami jawab 'iya pak' . bapak itu ngomong lagi 'oh bentar ya dek, saya ambilin lampu petromax nya dulu. tungguin bentar ya.' kami jawab 'iya pak'. alhamdulillah, udah nemuin pemandu nya. hehehe. fyi aja, Gua Umbulthuk ini masih alami banget. jadi di dalem sana gak ada penerangan sama sekali, kalo masuk ke dalem sana harus pake lampu. kalo mau masuk ke dalem, WAJIB DAN HARUS bawa pemandu dari situ. kalo nggak gitu, bisa tersesat trus salah jalan. itu beberapa informasi yang saya dapet dari kakak kelas saya, Mas Fahmi. oh iya, masuk ke dalem gua sini gratis, cuman kita bayar pemandu sama lampu nya aja. biayanya sekitar 50k, per pemandu sama lampu nya.



sebelum masuk, kita selfie dulu dong, hihihi.


Mas Fahmi *yang ngajak* - saya- Ilena - Fransina - Irul


Mas Fahmi - saya - Ilena - Puspita - Irul


We're ready for adventure!!

setelah beberapa kali selfie dan petugasnya dateng, kita langsung cuss masuk ke dalem gua. oh iya, alas kaki harus dilepas, kata petugasnya. soalnya, gua nya......... rahasia. nanti saya ceritain di bawah, haha :p here we go. we're ready for adventure today!

begitu masuk ke dalem gua, kami dikejutkan oleh........air. ya, gua Umbulthuk ini bukan gua biasa. gua Umbulthuk ini dalemnya ada airnya. itulah kenapa tadi petugasnya nyuruh kita lepas alas kaki. oh nooo, kita semua gabawa baju ganti -_-oke, gapapalah. bener bener fail banget, hahaha. tapi kata mas Fahmi 'tenang aja, nanti bajumu kering sendiri kok. kita nanti pulang kan juga perjalanan panjang. nanti bakalan kering di jalan kok.' Aku, Ilena, Fransina sama Puspita ngangguk aja. si Irul udah pengalaman banget, dia udah bawa baju ganti, soalnya rumahnya sekitaran situ, jadi dia udah tau. bzz. oke cuss, let's start our adventure today!

gua ini bener bener terbukti masih alami banget, gak ada lampu sama sekali. gelap. pengap. khas gua banget deh. bener kata kakak kelasku, kita harus pake pemandu. yakali, kalo nggak pake pemandu kita buta arah di gua ini -_- nggak lucu juga kalo kami nyasar trus nggak bisa pulang, wkwk. kami masuk ke dalem, udah disambut sama air yang tingginya se pinggul orang dewasa. kaget juga, soalnya baru pertama kali, wkwk. terus kami masuk ke dalem lagi, suara aliran air terdengar sangat begitu jelas. deres banget. sepertinya ini sungai di dalem gua gitu deh, hehehe *sotoy, maafkan*. kita ber 6 di tambah pemandu dan beberapa warga sekitar yang pengen ikutan kami berpetualang mulai menyusuri gua tersebut. duh, sensasinyaaaa. sesuatu banget! beberapa kali saya dan beberapa temen cewek saya meringis kesakitan, soalnya dasar gua tersebut adalah batu. hiks. tapi untungnya, dasar dari gua itu nggak cuman batu doang, ada pasirnya. hehehe. jadi nggak terlalu sakit. ya kalo lagi 'beruntung' aja kita nginjek batunya. wkwk

kami ber 6 semangat banget menyusuri gua ini, malah saking semangatnya saya beberapa kali sampe terpeleset, wkwk. duh malunyaa x_x oh iya, di dalem gua ini juga harus pinter pinter cari jalan juga, soalnya ada beberapa lokasi di dalem situ yang kedalamannya sampe 3 meter lebih. wuih. untung pake pemandu, kalo nggak kita bisa salah ambil jalan nih. pemandu sama warga sekitar juga baik banget sama kita, kita di arahin ke jalan yang benar. 'mbak mbak, jangan ke tengah, itu dalem loh' atau 'mbak mbak, hati hati, batu besar' 'mbak, di bawah itu banyak batunya. kakinya mbak, hati hati' trus 'mbak, awas kepalanya nanti kebentur'. nah ini nih, pemandu yang baik nih. huehehe.

pemandangan di gua ini, subhanallah... bukti kekuasaan dari Allah. nggak henti-hentinya aku terkagum kagum disini. bersyukur bisa masuk ke dalam gua seindah sini. stalagmit dan stalagtit nya masih ada. alami, lagi. trus banyak kelelawar yang masih hidup disini. bener bener dijaga ke asliannya. rugi banget kalo nggak nyoba berkunjung kesini :3 *promosi*

kami semua menyusuri gua ini kurang lebih selama hampir 1,5 jam. gak kerasa, sumpah. apa mungkin saking serunya ya? haha. saya sendiri sangat menikmati petualangan ini, sampe hampir tenggelam. wkwk. dan saya baru sadar kalo hari itu saya lagi puasa -_- untung nggak nelen air, huhuhu. nyaris saja -_- oh iya, kami menyusuri gua ini kira kira 500m an, trus kami puter balik. sebenarnya masih bisa terus sih, tapi kami minta udahan aja, soalnya udah capek, wkwk. dan ini ada beberapa foto tentang suasana di dalam gua



ini masuk awal awalnya. lihat, udah disambut sama air, kan?


pemandu kami, hihi. terimakasih sudah memandu kami, pak!



batunya licin loh, makanya harus saling membantu satu sama lain



batu yang ada di dalam gua



hati hati banget sama batu, soalnya kalo kena kepala kan...lumayan juga. wkwk




walo basah kuyup kayak gini, ngeksis tetep nomer 1

oh iya, maaf fotonya agak ngeblur. soalnya cahayanya juga cuman dari lampu sama dari flash hp doang, hehehe


setelah keluar dari gua, hehehehe

abis petualangan di gua Umbulthuk, kami nggak langsung pulang. kami ber 6 mampir dulu ke sebuah pantai yang namanya Pantai Pangi. lokasinya nggak jauh dari gua Umbulthuk kok. kira kira cuman memakan waktu 15 menitan untuk sampai kesana. sekalian mampir sambil ngeringin baju yang basah kuyup, wkwkwk.

oh iya, kami nggak bisa parkir di sekitar pantai nya langsung. soalnya sebelum menuju ke pantai tersebut kita harus melewati sebuah sungai. dan jalan itu nggak bisa dilewati sama kendaraan. jadi kami  parkir dulu di lokasi yang jaraknya 200meter dari pantai. trus kami jalan ke pantainya. hihi



jalan menuju ke pantai. udah kayak bolang, belum? haha


nah, ini jalan yang harus kami lalui sebelum menuju ke pantai. kecil banget. dan itu kalo ke atas dikit, jalannya curam. makanya gabisa dilewati sama kendaraan

akhirnya setelah berjalan like a bolang, sampai juga di pantai Pangi. duh, gak rugi deh jalan dulu menyusuri sungai pas mau ke sini. pemandangannya uhuy sekali. hihihi




subhanallah sekali, hihihi




ngeksis is a must!


serasa galau banget, kayak butuh pendamping hidup *lah*

ya begitulah petualangan kami hari ini. seneng? banget. bersyukur sama Allah bisa ngasih kesempatan saya kesini. mudahan-mudahan Allah ngasih kesempatan lagi buat main kesini. Amin.Tunggu petualangan saya selanjutnya yaa. hihihi

Have a nice day!

Sabtu, 07 Februari 2015

Kembali Setelah Sekian Lama

Haloo, sepertinya saya lama sekali nggak posting disini. kira kira udah ada...........3 tahun lebih. maafkan hayati, hiks. saking lamanya saya sekarang udah lulus SMA, dan sekarang lagi belajar lagi di universitas yang ada di Surabaya. sekali lagi, maafkan hayati. huhuhu

mungkin saya melakukan banyak revisi dengan blog ini. mulai ganti alamat web, ganti layout, header, pokoknya rombak habia habisan! hahaha *oke, doakan saja saya telaten mengganti itu semua*

isi dari blog ini kayaknya juga agak berubah. mungkin banyak sharing sharing cerita dan pengalaman saya menjalani kehidupan di dunia ini *halah* semoga saja bisa menginspirasi, hihihi.

doakan saja saya sering posting dan telaten posting, hehehe.


happy saturday!