Senin, 27 November 2017

Kelas Inspirasi Blitar 4

Janji saya pada diri sendiri yang akan memposting cerita ini setelah acara pun hanya tinggal janji HAHAHAHAHAHA. Maafkan. Emang anaknya minta ditampol banget ini huhuhuhu *minta jodoh sekalian ding eh*

Jadi ceritanya, sejak dua tahun lalu saya pingin banget ikutan acara Kelas Inspirasi Blitar gegara baca di web dan denger dari cerita orang. Saya anaknya emang suka kalo disuruh terjun ke acara sosial, apalagi kalau disuruh berinteraksi sama anak SD. Penyaluran cita-cita jadi guru SD tapi gak keturutan sih sebenernya huhuhu sedihnya.

Setelah sebelumnya gak berjodoh mulu ikutan Kelas Inspirasi gegara kebentrok jadwal kuliah mulu (takut nggak totalitas), akhirnya di tahun ini abis lulus saya pun memberanikan diri untuk mendaftar menjadi relawan panitia dan akhirnya keterima! Yay! Seneng banget! Mimpi sejak dua tahun lalu akhirnya bisa terealisasi huhuhu.

Kalau mau tahu atau kepo-kepo apa itu Kelas Inspirasi Blitar, coba buka webnya disini deh. Dijamin, bakalan pengen ikutan! Btw Kelas Inspirasi gak cuma ada di Blitar aja loh. Di setiap kota juga ada Kelas Inspirasi sesuai dengan nama daerahnya masing-masing.

Persiapan Kelas Inspirasi Blitar 4 ini dilakukan sejak bulan Agustus. Dan Hari Inspirasi tahun ini jatuh di bulan November, tepatnya tanggal 11 November 2017. Saya sendiri tergabung dalam divisi SCR (School Relation; survei sekolah yang akan digunakan pada Hari Inspirasi) sebelum Hari Inspirasi, dan menjadi fasilitator pada waktu Hari Inspirasinya.

Saya kebagian di Rombel SD Sukorame 2, yang letaknya di daerah Binangun.  Rombel Sukorame 2 sendiri terdiri dari 6 relawan pengajar, 3 relawan fotografer, 1 relawan videografer, dan 7 fasilitator. Yak bisa dibayangkan ramenya kayak apa HAHAHAHA. 

Oh iya, saya berangkat bareng-bareng sama temen-temen serombel sehari sebelumnya. Soalnya lokasinya emang jauh wkwkwk apalagi rumah saya di daerah kota dan zona inspirasinya di daerah kabupaten. Nginep di dua rumah warga setempat yang deket dari sekolah. Dan orang-orang di desa yang katanya ramah bener sama pendatang itu gak cuma katanya loh! Bapak-Ibunya ramah banget huhuhuhu sampe sungkan sendiri waktu malem sehari sebelum hari H kita briefing rame bener wkwkwk.

Dan tibalah di Hari Inspirasi! Kita semua (fasil-relpeng-reldok), sebelumnya berdoa dulu di penginapan sebelum berangkat ke zona inspirasi. Kita berdoa semoga murid dan guru-guru di Sukorame 2 welcome sama kami. Heuuu saya deg-deg-an sih, soalnya pengalaman pertama ikutan Kelas Inspirasi. 

Pertamakali masuk sekolah, saya dan temen-temen rombel langsung excited! Pasalnya, kami disambut dengan antusias sama murid-muridnya. Bahkan mereka (mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6) menyalami kita semuanya. Huhuhu terharu kita disambut semeriah itu.



Seantusias ini. Terharu huhuhuhuuu

Kita pun apel sebentar sambil memperkenalkan diri kita kepada murid dan guru-guru di Sukorame 2 dan sedikit menjelaskan tujuan kita kemari. Seneng, murid dan guru-gurunya antusias semuaa.



 Senam Baby Shark sebelum masuk ke kelas masing-masing. Semuanya ikutan senam looh dan heboh hahahahahaha

Abis apel pagi dan senam, murid-murid pun masuk ke kelas masing-masing dan kita para fasil-relpeng-reldok kumpul di ruang guru untuk briefing lagi sebentar dan berdoa lagi. Abis itu langsung kita semua mencar sesuai dengan jadwal dan kelas masing-masing. Saya sendiri kebagian jadi fasilitator dan pengawas di kelas 2. Kelas yang super rame dan kocak hahaha.


 Ada Mbak Icha yang berprofesi sebagai administrasi keuangan. Beliau jauh-jauh datang dari Semarang loh!



Ada Pak Bagus yang berprofesi sebagai Polisi di Polres Kota Blitar. Diajak main game Maling-malingan

Mas Tegar, yang bekerja di Kantor BPJS Madura. Rela dateng ke Blitar demi mengajar di KI4 Blitar! 

 
Mas Kim, yang beprofesi sebagai Laboran. Beliau asalnya dari jauh looh. Sulawesi Tenggara *tepuk tangan*


Mas Nuha, berprofesi sebagai dosen di IAIN Tulungagung. Lucu banget pake alat peraga bonekaa!

Ada Mbak Tyas, merupakan tenaga kesehatan Ahli Gizi di RS Mardi Waluyo Blitar. Gemess


Setiap pengajar diberi waktu selama 30 menit per kelasnya. Jadi, setiap murid bisa ngerasain profesi yang berbeda-beda. Setelah 2 sesi, ada break selama 15 menit buat istirahat murid-murid dan juga relawan.

Ada kejadian lucu waktu sesi istirahat ini. Jadi ceritanya semua relawan plus fasil istirahat di kantor guru kan. Otomatis saya sendiri juga ikutan istirahat.

Nah, waktu saya lewatin kelas 3 yang sebelahan pas sama kantor guru, saya ditahan sama murid-murid kelas 3. Kata mereka, "Kaaaaak, ayo kesiniiiiiiiii! Gak boleh keluar!!!!" ada lagi yang gandeng-gandeng tangan saya, nyuruh saya duduk di kelas. Pokoknya saya disuruh stay di kelas mereka gak boleh ikutan istirahat.

Bahkan pintu keluar kelas udah di boikot sama mereka, biar saya gak bisa keluar. Wkwkwkwk -_-

Jadi dulu ceritanya 2 minggu sebelum Hari Inspirasi saya udah pernah ke Sukorame 2 buat nganter surat pengantar sama ketua rombel saya, Mas Fajar. Abis nganter surat, saya minta izin kepada guru-guru buat lihat-lihat sekolahan dan saya pun masuk ke dalam kelas. Kebetulan, saya masuk di kelas 3 dan masih ada beberapa murid yang belum pulang. Saya pun nyapa mereka dan mereka heboh sendiri hahahaha. Kemudian saya ajakin mereka foto dan mereka nyambut dengan antusias wkwkwk.

Dan waktu Hari Inspirasi ternyata mereka masih ingat sama saya :') Terharu



Saya gak boleh keluar kelas wkwkwkwk alhasil yang lain istirahat saya nggak istirahat sendiri heuu. Bahkan yang paling epic ketika udah dibolehin keluar kelas sama mereka, eh ternyata mereka ngikutin dari belakang wkwkwk


Abis istirahat, dilanjutkan 2 sesi lagi setelah itu baru closing. Nah, untuk closing sendiri, rombel Sukorame 2 pakai cap tangan di kain panjang. Jadi murid-murid disuruh cap tangan di kain putih panjang terus nanti ditulis nama anak plus cita-citanya. Biar keinget terus dan jadi motivasi mereka buat meraih cita-citanya.





Semoga semua mimpi bisa menjadi nyata!

And the last session, setelah kelar buat cap tangan adalah sesi foto-foto bareng semua warga sekolah yaaay!




Fasil dan relawan yang pecyah!




Sebenarnya, acara udah selesai abis foto-foto. Tapi ternyataaaa, pihak sekolah sungguh berbaik hati menyediakan kami makan siang. Alhamdulillah, yang namanya rezeki emang gak kemana yaa hihihi. Dasar pecinta gratisan

Rezeki anak sholeh wkwkwk. Dan yang diserbu pertamakali adalah..... es buah! Oh iya, ini menunya bener-bener nikmat loh uwuwuwuw 

Terharu, kita dijamu sebanyak ini huhuhu. Terimakasih, Sukorame 2!

Aah, saya terharu. Bahkan ngetik cerita ini aja masih keinget gimana suasana heboh dan ramainya Kelas Inspirasi 4 Rombel Sukorame 2 kemarin. Rasanya bersyukur bisa ketemu dan kenalan sama banyak teman-teman baru dari berbagai wilayah. Bersyukur dipertemukan inspirator-inspirator yang bersemangat seperti mereka. Bertemu dengan guru dan murid Sukorame 2 yang sangat antusias dengan kehadiran Kelas Inspirasi. Alhamdulillah

Semoga, Kelas Inspirasi Blitar terus rutin mengadakan acara seperti ini setiap tahunnya untuk menumbuhkan bibit-bibit mimpi kepada adik-adik SD di wilayah Blitar. Semoga makin banyak tenaga profesional yang terlibat dan ingin berbagi inspirasi, dan semoga makin banyak anak muda yang menyediakan waktunya untuk mengadakan acara inspiratif kayak gini.

Sampai jumpa di Kelas Inspirasi Blitar selanjutnya! Sehari Berbagi, Selamanya Menginspirasi!



Love,

Andhira A. Mudzalifa

Jumat, 13 Oktober 2017

And So The Adventure Begins

Halo! Apa kabar?

Setelah menganggurkan blog ini hampir beberapa bulan lamanya karena sok sibuk, akhirnya saya kembali lagi dengan curhatan-curhatan dan uneg-uneg (gak penting) seperti biasanya ehehehehe

Alhamdulillah, akhirnya salah satu target besar saya pada tahun ini bisa tercapai. Lulus kuliah dan wisuda. Yak setelah 3 tahun lamanya ngerasa salah jurusan dan segala drama perkuliahan lainnya, akhirnya saya bisa menyelesaikan tanggungjawab ini. Huhuhuhuhu alhamdulillah.

Sudah satu bulan lebih berlalu saya kembali ke kota asal. Iya, saya memilih untuk kembali ke Blitar, disaat teman-teman saya yang lain tetap berada di tanah rantau melamar anak orang pekerjaan ataupun melanjutkan kuliah lagi.

Rasanya gimana kembali ke kota asal?

Alhamdulillah, bersyukur. Keputusan yang tidak mudah, tapi entah mengapa saya begitu yakin untuk kembali ke kota ini. Sejauh ini saya enjoy aja sih, menemani kedua orangtua, curhat rumpi sama tetangga dan teman-teman di Blitar, dan muter-muter kota. Ya walau acara disini gak sebanyak di kota rantau, tapi bersyukur masih bisa kumpul sama keluarga dan teman-teman dengan mudah dan gak homesick lagi ~XD

Yak, sudah saatnya saya mulai untuk menjalani apa yang sudah menjadi life-plan saya selepas kuliah. Rasanya masih seperti mimpi udah lepas dari dunia perkuliahan dan mulai masuk di kehidupan nyata, tapi harus dijalani *halah apaan sih*.

Saya awali dengan melanjutkan kembali bisnis saya yang sempat saya jadikan kerja sambilan waktu kuliah: Aderation Project. Mengeksekusi produk-produk baru yang dulu cuma jadi angan-angan, mulai gencar promosi lagi. Rasa-rasanya, seperti baru mulai merintis usaha, padahal Aderation Project udah hampir 4 tahun berjalan.

Butuh waktu beberapa tahun dan bahkan harus terus meyakinkan orangtua, ketika saya memutuskan untuk mengambil jalan hidup menjadi seorang creativepreneur. Bertentangan sekali dengan jurusan perkuliahan yang saya ambil. Jauh sekali. Bahkan banyak yang menyayangkan, tapi saya hanya kasih senyuman manis aja hehe.

Memang tidak mudah, ketika melihat teman-teman lain yang sudah bekerja dan menerima gaji bulanan yang tetap, tetapi saya masih terombang-ambing dalam ketidakpastian berapa gaji (btw saya paling suka menyebutnya rezeki) yang saya dapat setiap bulannya. Tapi mengapa, sejauh ini saya tetap merasa cukup dan bahagia, walau ada rasa khawatir tapi tetap bisa diatasi hihihi.

Perjalanan masih sangat awal. Butuh kesabaran, ketelatenan, keikhlasan, kedisiplinan, kelapangan hati, rasa syukur dan doa-doa. Mohon doanya, semoga selalu dimudahkan dan dilancarkan segala urusan. Semoga selalu dicukupkan. Semoga Allaah ridha.

And so the adventure begins. Bismillah, Allaah with me. Allaah with us.



Love,

Andhira A. Mudzalifa


Kamis, 27 Juli 2017

Finally.

Jadi, apa aja yang sudah terlewati selama dua bulan ini? Yak, setelah tiga tahun menempuh studi di sebuah universitas yang ada di Surabaya, saya dinyatakan lulus. Alhamdulillah, salah satu target besar tahun ini terlewati huhuhu terharu. Makanya saya gak posting selama dua bulan ya gara-gara riweuh ngurusin kelulusan ini huhuhu maafkan

Sebenarnya, saya ingin ngajuin sidang pada tanggal 12 Juli, biar pas sama hari ulang tahun saya gitu (ceritanya biar jadi kado terindah ditahun ini gitu loh WKWKWKWK maklum yah perempuan mandiri gak ada yang ngado, jadinya ngado diri sendiri ckckckck kasihan). Tapi ternyata, salah satu penguji saya lagi berhalangan hadir heuu. Jadinya diundur tanggal 17 Juli.

Nah, pas tanggal 17 Juli itu, alhamdulillah jadi sidang sih. Tapi saya dasarnya gugup terus blank sama materi wkwkwk saya akhirnya terpaksa ngulang sidang tanggal 19 Juli. Wkwkwkwk malu-maluin banget tapi ada hikmahnya juga sih. Saya jadi nggak gugup lagi ehehehehe eh tapi sebenernya masih gugup tapi intensitas kegugupan udah berkurang, soalnya pengujinya tetap. Jadinya udah ngerti tipe pengujinya kayak apa eheheheheheheh #ngeles #padahalmahsedih #tapidibikinenjoyaja

Drama sidang gak berakhir sampe disini. Ternyata, tanggal 19 Juli saya batal sidang. Karena apa? Pengujinya.......... lupa.*hening*

Akhirnya disepakati lagi besokannya tanggal 20 Juli. Dan...... alhamdulillah jadi sidang wkwkwk. Tapi sepertinya drama sidang belum mau berhenti.

Jadi ceritanya ini kan saya ngulang sidang. Di jurusan saya, sidang Tugas Akhir sama sidang Kompre itu dijadiin satu sekalian. Oke gausah dibayangin gimana horornya.

Kebetulan saya ngulang yang sidang kompre. Tapi ternyata........... diulang dua-duanya. Hiks. Mana kasusnya ujian kompre diacak lagi pula HUHUHU padahal temen saya yang lain, dengan penguji sama aja kasus komprenya tetap. HIKS mau nangis.

Oke gapapa saya tegar, kawan.

Dan setelah drama sidang ditambah saya nangis terus terusan 3 hari sebelum sidang.... alhamdulillah. Allah Maha Baik. Saya dinyatakan lulus. Terharuuuu. Mau nangis di depan penguji tapi nanti dikira cengeng wqwqwq akhirnya saya nangis setelah keluar ruangan. Bersyukur gak henti-henti huhuhu alhamdulillah...

 Adik kesayangan yang bela-belain dateng dari Blitar buat nemenin saya sidang uwuwuwuwu terharuw (padahal mah ini alibi gegara dirumah gabut mau ngapain HAHAHA)

5/7. Kelompok Praktik Klinik selama 4 bulan! Duuh banyak banget suka duka yang udah dilewati bersama mereka huhuhu thankyou guys buat kebersamaannya! Minus Made dan Alim huhu

Anti Gupuh Gupuh Club yang secara gak sengaja sama-sama sidang di hari yang sama! Hihihi sukses buat kita semuanyaaa


Kesayangaaan luvluvluv! Thankyou for 3 years guys!

Adik kelas plus adik di kosan yang super duper bikin terharuuu huhuhu bawain bunga sama roti segala duuh bikin speechless asli

Katanya sih hadiah sidang sekaligus ulang tahun. Ya Allah, terharu huhuhu terimakasih banyak gengs!

Gak ngerti kudu bilang apa lagi saking terharunya. Terimakasih banyak buat semuanya! Terimakasih buat yang selalu doain, yang selalu ada saat down, yang selalu ngasih support, yang jadi tim hore, yang selalu bantuin apapun, yang ngasih solusi, dan semuanya. Semoga Allah yang membalas semua kebaikan-kebaikan yang sudah diberikan kepada saya huhuhu terharu.

Bismillah. Semoga apa yang sudah dicapai ini dapat menjadi salah satu ladang kebaikan, kebermanfaatan, dan juga sebagai proses untuk mencari ridhanya Allah. Mohon doanya ya. 

Sekali lagi, terimakasih banyak, orang-orang baik! 

Tons of Love,

Andhira A. Mudzalifa